Tips Berpuasa untuk Penderita Gangguan Maag


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Tips Berpuasa untuk Penderita Gangguan Maag, Kami berharap isi postingan Artikel kesehatan, Artikel tips, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga


Seorang penderita maag, sebenarnya masih bisa melakukan puasa. Tetapi memang harus mewaspadai berbagai hal agar penyakit nya tersebut tidak bisa kambuh lagi. Kedisiplinan penderita penyakit mah untuk memilih makanan sangat diperlukan sekali. Termasuk penderita harus memahami waktu yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk makan.
Ada beberapa makanan dan minuman tertentu yang mendorong terjadinya gas dan tidak baik bila dikonsumsi oleh seorang penderita maag baik itu saat akan berpuasa maupun di luar puasa. Minuman dari berbagai jenis kopi, dan minuman yang memiliki kandungan alkohol antara 5-20%, sari buah jeruk, anggur, soda sampai susu full cream alangkah baiknya bila dihindari sebisa mungkin. Seluruh jenis minuman tersebut diatas berpotensi meningkatkan produksi asam lambung yang dapat memicu terjadinya penyakit maag. Apalagi kita ingin berpuasa pada saat bulan Ramadhan, seluruh minuman tadi sebaiknya dihindari sejauh mungkin.

Begitu pula seluruh jenis dari makanan yang dapat meningkatkan terjadinya asam lambung. Dari berbagai jenis buah-buahan seperti kedondong, pisang ambon, nangka, serta buah kering menjadi beberapa penyebat dan memicu sakit maag. Sementara untuk sayuran seperti kubis dan sawi juga membuat aktivitas asam lambung meningkat.

Makanan seperti itu bisa menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang dapat meningkatkan terjadinya asam lambung.

Saat berbuka puasa, pengaturan makan mesti harus dilakukan agar supaya penyakit maag tidak kambuh lagi. Menu buka puasa yang disarankan iyalah minum yang manis dan makan tiga buah kurma. Sementara untuk porsi makan malam sama seperti biasanya. Sehingga, makan malam tetap terkontrol.
Pada waktu makan sahur, pilihlah makanan dan minuman yang bisa memicu asam lambung. Porsi juga sama seperti saat makan biasa. Nutrisi yang diperlukan tubuh seperti karbohidrat, vitamin, hingga mineral juga harus anda perhatikan. Untuk karbohidrat hindari dari sumber beras ketan, mi, bihun, bulgur, jagung, ubi, singkong, talas,dan dodol. Selain itu hindari makanan berlemak, pedas, dan asam yang dapat mengiritasi dinding lambung.

Demikian uraian singkat tentang tips berpuasa bagi penderita maag. Semoga bermanfaat.

Kami minta kritik dan saran anda untuk blog ini.

Itulah tadi Artikel Tips Berpuasa untuk Penderita Gangguan Maag
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Tips Berpuasa untuk Penderita Gangguan Maag yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Tips Berpuasa untuk Penderita Gangguan Maag. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://www.juhadi.my.id/2014/07/tips-berpuasa-untuk-penderita-gangguan.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post