TIPS Membeli Scaner dan cara melakukan pilihan


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul TIPS Membeli Scaner dan cara melakukan pilihan, Kami berharap isi postingan Artikel komputer, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga



125

Di  jaman modern sekarang ini kebutuhan  akan scanner dan printer sudah bukan jamannya lagi harus ke rental. Karena harga barang elektronik yang makin lama makin murah dengan beriringnya type type baru yang lebih canggih sehingga type type lama menjadi tergusur. Sebenarnya kita tak harus membeli scanner yang mahal mahal. Sesuaikan dengan kebutuhan saja. Yang mesti anda pertimabgkan adalah sebagai berikut.
  •    Pilihlah merek yang menawarkan paket servis terbaik.
  •  Pilihlah merek yang telah dikenal dengan kualitasnya. Canon menyapu bersih semua penghargaan Hardwarezone.com untuk scanner di tahun 2000.

Sebelumnya Tentukan apakah scan yang akan anda perlukan adalah kecepatan tinggi atau kualitas tinggi. Jika Anda perlu kualitas tinggi, pilihlah scanner 1200 dpi. Tetapi Jika yang anda inginkan untuk keperluan scan Anda cukup dasar, scanner 300 dpi saja sudah cukup.

Jika anda akan menggunakan untuk  untuk scan film, Maka yang Anda butuhkan adalah film adapter unit (FAU). Jika Anda tidak butuh untuk menggunakan FAU secara teratur, pilihlah scanner yang hadir dengan FAU yang dapat dilepas daripada FAU yang sudah menyatu dengan scanner.

Jika jarang menggunakan scaner, dapatkanlah printer dengan pilihan sheet-fedscanning atau mesin fax multifungsi yang memiliki fungsi print, fax, dan scan. Tetapi apabila anda ingin menggunakan untuk scan buku dengan frekwensi yang lebih banyak dianjurkanmenggunakan  scanner dengan penutup engsel ganda Z-lid yang memperbolehkan Anda untuk menaruh halaman dari buku secara rata di atas unit scanner.

Scanner harus kompatibel dengan PC Anda. Karena jika tidak akan banyak menemui masalah.
Atau anda sering bepergian membawa scanner maka saya anjurkan untuk membawa scaner printer bubble jet portabel yang memiliki pilihan scan.


Nah sekarang Bagaimana caranya untuk mendapatkan hasil scan yang terbaik?
  1. Bersihkan atau jaga kaca scan selalu bersih dari debu.
  2. Pastikan dokumen yang akan discan terletak dengan posisi rata pada kaca scanner untuk ketajaman yang maksimal.
  3. Gunakanlah USB kapan saja dimungkinkan untuk kecepatan scan yang lebih cepat.
  4. Scanner diatur sesuai yang dinginkan atau sesuai dengan dokumen yang akan diseken. Missal scan foto setingannya jelas beda dengan scan buku text (contohnya: warna atau hitam/putih).
  5. Dapatkan scan yang pas pada scan pertama:
  6. Scan pada resolusi yang tepat untuk memaksimalkan kecepatan scan - Anda tidak perlu menggunakan kualitas penuh 1600 dpi yang tertera pada spesifikasi karena Anda akan perlu RAM yang lebih banyak dan akan membutuhkan waktu yang lebih lama saat scan. Kecepatan scan sangat tergantung pada komputer apa yang sedang Anda gunakan.
  7. Dapatkanlah kalibrasi warna yang tepat: Hasil scan Akan terlihat berbeda pada layar di monitor yang berbeda-beda dikarenakan kalibrasi warna yang berbeda. Gunakan CMS (CMS dari Kodak dan ColourSync dari Apple untuk monitor) yang tepat untuk mengatasi masalah ini.


Bagaimana caranya mendapatkan scan tercepat

Anda bisa mendapatkan hasil scan dengan kecepatan tinggi dengan syarat anda juga harus mengimbangi dengan menyediakan pc yang memiliki RAM yang lebih besar. Dan usahakan anda tidak melakukan kegiatan apapun di computer anda secara bersamaan dengan pengerjaan scaning.

Usahakan  sebelum secan melakukan preview yang memereview terlebih dahulu dokumen yang akan kita scan kemudian pilihlah bagian yang memang anda inginkan sehingga alat scan tidak perlu melakukan scaning pada seluruh document sehingga akan memperkecil data pada memory sehingga mesin akan lebih cepat melakukan scaning.

Berapakah ukuran resolusi yang optimal

Untuk melakukan scan gunakan sesuai dengan kebutuhan atau tujuan scan tersebut. Apabila anda ingin melakukan scan untuk keperluan yang berhubungan dengan tampilan layar seperti misalnya untuk power point, web atau lampiran maka anda cukup menggunakan ukuran 72 dpi saja . karena bila digunakan untuk keperluan web maka jika menggunakan resolusi yang tinggi akan mengakibatkan gambar tersebut berat waktu di loading.

Sedangkan apabila hasil scan akan digunakan sebagai arsip maka saya sarankan anda menggunakan ukuran 150 dpi. Itu sudah cukup. Dan jika scan yang anda gunakan dengan tujuan untuk scan gambar anda bisa menggunakan ukuran 200 dpi, tetapi jika hasil scan akan dicetak untuk ukuran bagus maka pakailah ukuran 300 dpi.

Lain halnya apabila yang ingin anda scan adalah foto yang akan dicetak kembali pakailah ukuran 600 dpi. Tetapi bila menginginkan akan mencetak dengan ukuran lebih besar pakailah ukuran 1200 dpi. Hasilnya memang sangt bagus tetapi perlu anda ingat bahwa semakin tinggi tingkat ukuran maka ukuran data juga akan semakin tinggi.








Itulah tadi Artikel TIPS Membeli Scaner dan cara melakukan pilihan
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel TIPS Membeli Scaner dan cara melakukan pilihan yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel TIPS Membeli Scaner dan cara melakukan pilihan. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://www.juhadi.my.id/2015/10/tips-membeli-scaner-dan-cara-melakukan.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post