Tips Menghemat data internet pada HP


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Tips Menghemat data internet pada HP , Kami berharap isi postingan Artikel tips, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga


Jaman sudah sudah semakin maju. Seiring dengan bertambahnya kebutuhan manusia dalaan kebutuhan informasi yang kian bertambah. kecepatan penyampaian data sangat diperlukan, terutama dalam hal bisnis dan pelunya kecepatan penyampaian data informasi. Semua itu tak lepas dari bertambahnya kebutuhan penggunaan data internet yang makin membengkak. Belum lagi masalah penggunaan data unuk komunikasi email, jejaring sosial misalnya. Tentu saja ini akan lebih banyak menggunakan data karena aplikasi ini akan memakan data terus menerus selama masih online. Dan penggunaan data akan menjadi lebih biros tentunya.





Banyak pilihan yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan telekomonikasi. Mereka berlomba lomba mengeluarkan produk-produk baru dalam peluncuran paket data, dari yang berkuaota berbasis jumalh data hingga waktu. Dan ada yang mengeluarkan produk data unlimited dengan tariff yang bervariasi sesuai dengan profider masing - masing. Tetapi yang perlu di ingat bahwa paket tersebut masing - masing juga memiliki batas wajar pemakaian.


Perbedaan antara paket berbasis kuota dan unlimited adalah jika kita menggunakan paket unlimited kita masih tetap dapat mengakses internet walaupun koneksi menjadi sangat lambat, tetapi jika kita menggunakan paket berbasis kuota kita bisa langsung terputus jika kuota yang kita miliki sidah habis.


Nah dengan kondisi demikian ini artinya anda tetap harus berhemat dalam penggunaan paket data demi kelancaran internet anda. Alternatifnya, anda bisa menghubungkan wifi anda di setiap tempat yang anda jumpai menyediakan WIFI gratis.

Selain mengguankan Wifi ada beberapa trik yang bisa anda gunakan antara lain adalah sebagai berikut.


1. Mengawasi penggunaan data
Sebelum nya kenali dulu tipe-tipe konsumsi datanya. Apakah anda lebih sering habis karena media sosial, browsing, bermain game, menonton video online atau justru karena digunakan mengunduh aplikasi.



Pengguna bisa mengenalinya dengan mudah menggunakan menu sesuai dengan ponsel masing masing. Karena setiap ponsel memiliki fitur yang berbeda sesuai system operasinya, Android, iOS ataupun Windows Phone.
Anda bisa mencoba masuk dibagian pengaturan, ketika duka nda akan dapat melihat perincian penggunaan data lihat pada gambar.

Selain menggunakan aplikasi bawaan dari masing-masing perusahaan ponsel, anda juga bisa mencobanya mengguanakan aplikasi pihak ketiga yang bernama bernama Onavo Count untuk melacak penggunaan data internet anda.

Setelah kita mengetahui aplikasi apa yang sering menggunakan data maka kirta bisa mengatur kapan akan terhubung ke wifi atau akapan harus menggunakan data dari operator layanan. Dan untuk penggunaan data yag tidak penting mungkin kita harus menuda waktu yang tepat kita bisa menundanya nanti kalau kita sudah bisa terhubung ke Wifi saja. Dan untuk penggunaan datayang penting kita akan menggunakan data dari operator seluler. Untuk penggunaan sosial media gunakan saja kuota gratisan misalnya.


2. Matikan fitur update otomatis
Mungkin awalnya kita gak mau repot untuk mendapatkan fiturterbaru dari sebuah aplikasi, namun tanpa kita sadarai sebenarnya fitur ini justru akan membuat jebakan buat kita sendiri. Misalnya saja kita lagi punya data pas pasan kita punya banyak tugas yang harus kita selesaikan menggunakan internet. Tiba tiba tanpa kita ketahui aplikasi mengupdate  versinya. Dan tentu saja ini akan memakan data untuk mendownloads aplikasi ini. Celakanya lagi pas aplikasi ini belum selesai di download kuota data kita sudah habis. Dan tugas kita pun belum dikerjakan. Mau beli pulsa sudah malam gak ada konter buka. Jika ini di desa, tapi buat anda yang tinggal di kota mungkin tak kesulitan mengisi pulsa. Karena bisa beli onlone lewat atm.


Sebaiknya pengguna mematikan saja fitur ini, dan memilih opsi melakukan pembaruan aplikasi secara manual atau otomatis hanya saat terkoneksi dengan WiFi. Tujuannya agar aplikasi, misalnya Google Play Store tidak otomatis mengunduh pembaruan menggunakan koneksi seluler.


3. Batasi jumlah download aplikasi
Jangan mengunduh aplikasi yang tidak penting, jika pun anda harus mengunduh maka carilah waktu yang tepat. Carilah tempat tempat yang menyediakan layanan Wifi Gratis gunakan sesuaikebutuhan anda.
Terkadang kidang kita mendownload aplikasi yang berukuran kecil tetapi setelah digunakan ternyata akan memakan data yang besar karena digunakan untuk menjalankan aplikasi pendukungnya.
Sebagai contoh pada aplikasi facebook yang berukuran kecil, setelah digunakan akan memakan data yang besar karena harus membukan banyak foto yang berjejal.



4. Atur jika sedang  menonton video online
Menontong video online seperti Youtube misalnya bisa menghabiskan banyak kuota. Karena penggunaan video striming akan memakan data yang sangat besar.
Jika memang harus menonton via koneksi seluler, dapat diakali dengan menurunkan kualitas video. Biasanya pada YouTube terdapat pilihan antara 270p hingga 1080p. Semakin rendah kualitasnya, ukuran data yang dibutuhkan per detik pun semakin kecil.

Alternatif lain, YouTube punya fitur baru yang bikin penggunanya bisa menonton video offline. Nah, dengan memanfaatkan fitur ini, Anda bisa mengunduh video YouTube yang diinginkan saat ada koneksi WiFi, lalu menontonnya di waktu lain.Atau juga anda bisa mendownloads melalui PC di warnetanda bisa memilih paket agar lebih murah. kemudian file video yang sudah anda downloads di pindah ke ponsel menggunakan kabel data atau card reader. dan sampai dirumah anda bisa menontonya kapan saja, cara ini juga berlaku untuk mendownloads aplikasi lainya. keuntungan mendownloads lewat komputer ini anda tidak akan terganggu waktu menngerjakan ugas anda lainnya diponsel. dan posel tidak panas atau baterai tidak cepat habis karena penggunaan internet yang berlangsung lama akan lebih banyak menyedot arus batrai di bandingkan jika hanya buat sms.



5. Kompresi data di browser
Banyak browser internet yang menyediakan fitur kompres data, misalnya operamini, Ucbrowser dan chrome. Mereka mengkompres data kedalam server mereka kemudian akan mengirimkan data ke posel kita dalam bentuk data yang sudah terkompres sehingga data yang di gunakan di ponselkita pun jadi makin kecil. Dengan demikian ada baiknya anda mengaktifkan fitur ini. Caranya anda bisa melihatnya dimenu browser masing-masing.






sumber gambar kompas.com


Itulah tadi Artikel Tips Menghemat data internet pada HP
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Tips Menghemat data internet pada HP yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Tips Menghemat data internet pada HP . jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://www.juhadi.my.id/2016/03/tips-menghemat-data-internet-pada-hp.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post
05 March, 2016

nice article :) thanks for info :)

Reply
avatar