BATTERY CHARGER 12 volt


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul BATTERY CHARGER 12 volt, Kami berharap isi postingan Artikel Skema elektronika, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga




Sebuah desain yang sangat sederhana untuk menjaga arus puncak baterai Ini adalah pengisi baterai  yang sangat sederhana untuk menjaga baterai agar selalu  terisi penuh.  Skema ini memilki 7 macam komponen dalam pembuatannya. Komponen tersebut merupakan komponen elektronika yang mudah didapatkan dipasaran di Indonesia. Sehingga kita tidak akan merasa kesulitan untuk mendapatkannya.


Rangkaian pengisi baterai ini memang sangat sederhana karena rangkaian ini dirancang untuk menstabilkan tegangan aki atau dengan kata lain menjaga agar aki selalu dalam keadaan penuh. Pengisi baterai ini dapat dihubungkan selama berbulan-bulan tanpa dilepas dari sumber tegangan listrik input. Kerena tegangan output pada charger ini sudah disetel sesuai dengan ambang batas maksimum tegangan baterai yang di isi. Sehingga tidak menyebapkan kerusakan pada baterai yang di isi.

Akan tetapi jika anda mengisi baterai pada tegangan yang hamper habis saya sarankan untuk menggunakan charger yang cocok untuk mengisi baterai ini. Karena charger ini hanya mengalirkan arus listrik dalam jumlah kecil, sehingga jika digunakan untuk mengisi baterai yang hamper habis tegangannya maka membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa mencapai tegangan puncak atau sampai baterai penuh sempurna.

Charger ini bisa digunakan untuk mengisi baterai 12 volt dari tipe baterai kering hingga baterai basah untuk mobil. Dari daya 1,2 Ah sampai dengan 45Ah. Namun sekali lagi ini hanya cocok untuk menjaga agar baetai tetap dalam keadaan penuh dan bukan dirancang untuk mengisi baterai kosong. Walaupun bisa juga dipakai untuk charger baterai yang sudah kosong tetapi akan memakan waktu yang sangat lama untuk bisa mengisi secara penuh.

Pada skema charger ini memiliki output tegangan 13, 2 volt dengan input tegangan anatara 15 hingga 18 volt. Dengan arus 0.5 hingga 1 Ampere. Dalam pemasangan IC 7812 anda harus memasang plat pendingin aluminium pada badan IC karena komponen ini akan dilewati arus listrik yang besar dalam proses pengisian baterai ini.





Itulah tadi Artikel BATTERY CHARGER 12 volt
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel BATTERY CHARGER 12 volt yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel BATTERY CHARGER 12 volt. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://www.juhadi.my.id/2016/04/battery-charger-12-volt.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post