Berbagai manfaat Buah Alpukat


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Berbagai manfaat Buah Alpukat, Kami berharap isi postingan Artikel kesehatan, Artikel Obat herbal, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga


 





Ebagian orang tidak menyukai buah ini karena rasanya tidak enak atau hambar. Namun jika sudah di campur dengan bahan lain buah ini rasanya nikmat sekali. Namun dibalik rasa yang nikmat ini sebenarnya buah alpukat juga memiliki banyak kasiat . terutama untuk kesehatan tubuh kita. Menurut penelitian buah alpukat ini diyakini dapat mengobati penyakit yang dianggap berbahaya di dunia ini. Penyakit itu adalah adalah Leukemia Mieloid Akut (Acute Myeloid Leukemia –AML), salah satu jenis kanker yang menurut American Cancer Society diperkirakan akan membunuh lebih dari 10.000 orang di tahun 2015 yang lalu.


Profesor Paul Spagnuolo dari Canada mengatakan, bahwa lipid dalam alpukat yang disebut avocatin B mampu menyasar sel induk leukemia tanpa merusak sel-sel lain yang sehat.  Namun sayangnya pengobatan ini masih dalam rancagan pengobatan yang akan dilakukan beberapa tahun tahun lagi.

Selain untuk pengobatan penyakit diatas alpukat juga bisa   menurunkan kadar Kolesterol jahat dalam tubuh. Sebelumnya banyak yang menyangsikan alpukat dapat menurunkan Kolesterol karena buah ini tinggi lemak. Akan tetapi, lemak pada alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan.

Menurut study Journal of Clinical Lipidology, orang yang mengkonsumsi satu buah alpukat atau setengah secara teratur per hari, terjadi  penurunan kadar Kolesterol secara signifikan.

Selain itu makan buah biah alpukat juga dapat menyingkirkan low-density lipoprotein (LDL) atau yang dikenal dengan Kolesterol jahat. Dengan turunnya Kolesterol jahat, maka makan alpukat juga menurunkan berat badan dan risiko penyakit jantung. Kolesterol tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Adanya alpukat dalam menu makanan sehari-hari bisa menurunkn risiko sakit jantung.
                                               
Tingginya Kolesterol akan menjadi penyebab berbagai penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular, semisal jantung adalah penyakit yang paling banyak diderita masyarakat di dunia, baik laki-laki maupun wanita. Alpukat adalah makanan sehat yang harus menjadi menu dalam diet seimbang. Alpukat segar dapat menjadi pilihan untuk menjaga Kolesterol dalam tubuh kita tetap dalam keadaan normal. Alpukat juga buah yang lezat dan kaya dengan serat.


Sedangkan untuk ibu hamil alpukat memiliki beberapa manfaat yang sangat bagus. Bila anda igin tahu baca uraian dibawah ini:



1. Mencegah Bayi dari Gangguan Tulang
Asam folat yang terkandung pada alpukat penting dalam pengembangan organ tubuh bayi. Kekurangan asam folat menyebabkan deformitas tulang pada bayi sebelum lahir. Deformitas merupakan susunan gigi tetap yang tidak teratur, karena gangguan rahang yang saat sedang mengalami perkembangan, langit-langit terlalu berbentuk secara melengkung, dikemudian hari gigi susu mengalami keterlambatan untuk tanggal.
2. Mencegah cacat syaraf pada janin
Selain mencegah deformitas, asam folat dalam buah alpukat juga mencegah terjadinya cacat syaraf pada janin. Ibu hamil dapat menyantap alpukat sebanyak setengah cangkir, dalam setiap irisannya mengandung 59 mcg asam folat.
3. Mencegah komplikasi
Pada masa kehamilan ada kondisi seorang ibu mengalami kelelahan, maka asam folat dikenal untuk mencegah komplikasi, anemia, insomnia, perubahan suasana hati yang mendadak dan preeklamsia.
Preklamsia adalah tekanan darah tinggi pada ibu hamil, penyebab kematian yang tinggi pada bayi, karena menyebabkan keracunan pada bayi. Kasus tersebut dapat terjadi 5-8% pada kehamilan.
4. Asupan Kalsium
Selama masa kehamilan kebutuhan tubuh naik berlipat ganda, termasuk kalsium. Di sinilah peran alpukat yang kaya kalsium untuk memenuhinya. Manfaat kalsium bagi ibu hamil sebagai zat pembangun dan pembentukan tulang pada bayi.
5. Mempercepat penyerapan zat besi
Vitamin C pada ibu hamil dibtuhkan untuk mempercepat penyerapan zat besi (Fe) dalam tubuh. Ini disebabkan, karena ibu hamil sering kali mengalami anemia. Mengonsumsi vitamin C kimiawi dikhawatirkan justru akan kelebihan.

Ini juga bukanlah hal yang baik, karena bisa menyebabkan keguguran, sebab vitamin C akan membuat tekanan lebih besar pada progesteron.
6. Meningkatkan produksi hormon prolaktin
Vitamin E dapat menghasilkan hormon prolaktin. Bila seorang ibu hamil kekurangan hormon ini, maka akan menyebabkan pengaruh terhadap kondisi emosional. Vitamin E juga akan memberikan lingkungan yang nyaman untuk bayi. Selain itu, vitamin E dapat berperan sebagai anti penuaan.
7. Pembentukan sel darah merah
Hampir sama dengan fungsi vitamin E. Tak hanya itu, vitamin K juga berfungsi dalam pembentukan sel darah merah. Selain untuk pembentukan darah, vitamin K juga berperan dalam pembentukan tulang bagi janin, sebagai gizi ibu hamil yang harus dipenuhi.




Sumber:
1.  kompas.com
2.  tabloid nakita



Itulah tadi Artikel Berbagai manfaat Buah Alpukat
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Berbagai manfaat Buah Alpukat yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Berbagai manfaat Buah Alpukat. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://www.juhadi.my.id/2016/05/berbagai-manfaat-buah-alpukat.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post