Manfaat dari persahabatan dengan hewan


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat dari persahabatan dengan hewan, Kami berharap isi postingan Artikel Gaya hidup, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga




Seperti kita sedang berada didekat sahabat kita degan manusia. Binatangpun juga memiliki manfaat sebagai sahabat yang bisa kita ajak kemanapun kita berada. Bahkan karena terlalu sayangnya pada binatang peliharaan kadang melebihi cintanya seorang sahabat yang sebenarnya adalah lebih penting dari pada binatang itu sendiri. Banyak contoh yang bisa kita lihat didalam masyarakat sehari – hari disekitar kita. Banyak yang memelihara burung, anjing, kucing dan lain-lain yag semuanya itu memerlukan biaya pemeliharaan yang cukup tinggi dan perawatan yang ekstra hati hati agar binatang kesayangan nya tidak sakit.

Bicara masalah hewan kesayangan, ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari bintang tersebut. Tetapi selain manfaat juga pasti punya banyak akibat buruk yang bisa ditimbulkan oleh binatang peliharaan ini. Mari kita simak uraian berikut ini.

Dibawah ini adalah beberapa manfaat dan kerugian memelihara binatang peliharaan yang kami kupas dari kompas.com







Hewan peliharaan turunkan hormon stres
Ketika anda sedang memanjakan binatang mungkin anda akan merasa nyaman. Rasa itu bukan hanya anda saja yang merasakannya namoun binatang yang anda manjakan pun juga akan merasa kan hal yang sama. Anda bisa mencoba mengelus anjing atau kucing. Akan ada perasaan senang pada diri anda. Begitu pula kucingya pun akan merasa enak waktu sedang di elus elus. Hal serupa berlaku untuk sebagian besar binatang. Para binatang itu akan menjadi rileks dan jinak. Selain itu, bermain dengan anjing juga dapat meningkatkan oksitosin, yaitu hormon dengan efek anti-stres.

Hewan peliharaan stabilkan tekanan darah Anda
"Stres merupakan salah satu pemicu utama yang dapat mempercepat detak jantung dan naiknya tekanan darah," kata Lynne T. Braun PhD, profesor keperawatan di Rush University di Chicago.

Kehadiran hewan peliharaan bisa menawarkan relaksasi unik bagi para pemiliknya. Bahkan, satu studi di Australia menunjukkan, bahwa pemilik hewan peliharaan memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak memilikinya.

Hewan peliharaan memudahkan Anda mencari solusi
Jika Anda merasa khawatir berlebihan akibat masalah yang belum terselesaikan, hewan peliharaan dapat membantu mengolah pikiran Anda dalam satu perspektif.

"Hewan peliharaan memberi kita kesempatan untuk menjangkau sesuatu di luar kemampuan diri," jelas Debra F. Horwitz, DVM, seorang behavioris hewan bersertifikat. Jadi, setiap kali Anda merasa sangat stres, ajaklah anjing Anda untuk berjalan kaki selama 10 menit.

Melihat anjing Anda menghargai hal-hal kecil di sekitarnya, akan membantu Anda melakukannya juga, sehingga hati lebih tenang dan pikiran lebih terbuka.

Hewan peliharaan tidak hanya dapat menjadi teman terbaik. Mereka juga berefek positif untuk kesehatan, seperti mengurangi stres dan menyehatkan jantung. Berikut lima hewan peliharaan yang baik untuk kesehatan Anda.






1. Anjing
Sebuah penelitian mengungkapkan, memiliki anjing memengaruhi tekanan darah, kadar Kolesterol dan trigliserida jadi lebih rendah. Memelihara anjing juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung.
Sebuah penelitian yang dipublikasikan Health Journal of Physical Activity and Health tahun 2011 menunjukkan, sebanyak 34 persen pemelihara anjing lebih dapat memenuhi kebutuhan aktivitas fisik mereka. Selain itu, aksi menggemaskan anjing juga meningkatkan suasana hati jadi lebih baik.
Tak heran jika penulis Chicken Soup for the Pet Lover Soul, Marty Becker mengatakan, begitu banyak yang telah dilakukan anjing untuk membuatnya bahagia dan memperpanjang usia. "Cukup dengan membelai anjing, sama seperti perawatan spa," kata dokter Becker.Dalam waktu satu sampai dua menit, dapat meningkatkan hormon dopamin dan serotonin yang akan membuat suasana hati bahagia.

2. Kucing
Kucing juga merupakan hewan lucu yang menggemaskan. Sama seperti anjing, memelihara kucing juga dapat menghilangkan stres dan tekanan darah tinggi. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan University of Minnesota, orang yang tidak pernah memelihara kucing memiliki risiko 40 persen lebih tinggi terkena serangan jantung dibanding yang memiliki kucing.

3. Ikan
Hewan peliharaan lainnya, yaitu ikan. Menurut Becker, melihat ikan berenang memiliki efek sama seperti mendengarkan musik. Perhatian Anda akan teralihkan ke dalam sesuatu yang lebih baik. Suatu penelitian pernah menunjukkan, pasien yang menjalani operasi gigi, jika menatap akuarium ikan selama 20 menit dapat efektif menurunkan tingkat stres. Melihat ikan berenang-renang membuat Anda seperti dihipnotis.

4. Burung
Tak sedikit pula manusia yang memelihara burung. Menurut Gregg Takashima, pimpinan American Association of Human-Animal Bond Veterinarians, keberadaan burung dapat memengaruhi kesehatan orang yang memeliharanya juga baru diakui. Sama halnya sepeti kucing dan anjing, burung juga bisa menciptakan kesenangan ketika Anda berinteraksi dengan makhluk indah tersebut.

5. Kuda
Dilihat dari ukuran dan kekuatannya, kuda sudah pasti lebih besar dibanding hewan peliharaan lainnya. Menurut Brecker, Anda bisa mengontrol masalah dalam hidup ketika dihadapkan pada makhluk yang lebih besar.



Selain manfaat tersebut diatas ada beberapa kerugian angisa di timbulkan oleh hewan kesayangan kita. Kita memang boleh menyayangi, menjaga bahkan kemana mana kita selalu mengajak hewan kesaangan kita tadi. Tetapi, kita juga wajib menjaga kesehatan hewan-hewan peliharaan karena mereka bisa menularkan penyakit. Selain rabies, berikut adalah 5 jenis penyakit yang dapat ditularkan dari hewan kesayangan Anda.

- Kuman perut
Sakit perut yang tidak jelas penyebabnya bisa jadi berasal dari bakteri anjing atau kucing peliharaan. Campylobacter jejuni yang disebarkan dari kotoran kucing atau anjing.
"Bakteri dan organisme dari feses bisa berpindah ke tangan dan melalui aktivitas sehari-hari bisa masuk ke mulut," kata Jason Stull, PhD, peneliti.
Benar, mungkin Anda tidak menyentuh kotoran hewan tersebut. Tapi, "si Pus" atau "si Doggy" mungkin menduduki sofa Anda dan Anda menyentuhnya sebelum memegang makanan. Karena itu, cucilah tangan Anda dengan sabun sebelum menyentuh makanan.

- Demam cakar kucing
Jika Anda tercakar kucing dan lukanya cukup dalam, Anda bisa terinfeksi Bartonella, bakteria yang dapat menyebabkan demam dan pembengkakan kelenjar getah bening. Bakteri tersebut hidup di kotoran kutu, yang bisa berpindah ke kuku kucing. Oleh karena itu rutinlah memandikan kucing kesayangan atau memberikan obat kutu.

- Kurap
Kurap adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur yang ditandai dengan rasa gatal pada kulit dan juga iritasi berbentuk lingkaran. Kucing adalah penyebab utamanya, tapi kucing juga bisa membawa jamur yang sama.
Atasi dengan membawa kucing kesayangan ke dokter hewan jika ia memiliki tanda-tanda kurap pada kulitnya, berbentuk lesi atau pitak dengan warna merah pada pinggir lingkarannya.

- Parasit
Parasit berukuran mikroskopik yang disebut dengan Cryptosporidium dan Giardia duodenalis bisa hidup di feses anjing atau kucing. Orang yang terinfeksi bisa langsung mengalami diare. Gunakan sarung tangan saat membersihkan tempat kotorannya dan cucilah tangan dengan sabun.

- Meningitis
Bakteri Pasteurella multocida bisa menyebabkan pembengkakan kelenjar getah benting, demam, dan walau jarang, meningitis. Bakteri ini hidup di mulut kucing atau anjing dan menginfeksi jika kita digigit atau dijilat di bagian hidung, mulut, atau mata

Demikian itulah yang bisa saya berikan pada postingan ii semoga kita bisa tetap menjaga diri. Jangan lupakan keehatan kita dan jangan sampai cintanya kepada binatang sering melupakan dirikia sendiri. Dan saran saya tetap sadar bahwa itu semua adalah binatang. Yang jelas memiliki batasan – batasan hak mereka. Karena ada yang lebih berhak untuk diperhatikan dan disayangi yaitu keluarga kita. Anak istri atau suami lah yang paling berhak mendapatkan kasih sayang dari anda. Karena saya sering ada yang marah marah sama istrinya gara gara burung kesayangannya lepas. Lalu memaki maki tak karuan. Ini menandakan bahwa kasih sayang orang tersebut kepada istrinya tak seberapa. Alias lebih sayang binatang dari pada istrinya sendiri.

Sekian, wassalam….





Itulah tadi Artikel Manfaat dari persahabatan dengan hewan
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Manfaat dari persahabatan dengan hewan yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Manfaat dari persahabatan dengan hewan. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://www.juhadi.my.id/2016/05/manfaat-dari-persahabatan-dengan-hewan.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post