Pemanfaatan roti afkir sebagai bahan pakan ternak


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Pemanfaatan roti afkir sebagai bahan pakan ternak, Kami berharap isi postingan Artikel tips, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga



roti afkir lendah kulonprogo



Dimakan takut beracun dibuang rasanya sayang, terus gimana dong. Oh ya bukankah roti mengandung gizi cukup tinggi? Kenapa gak diolah saja menjadi pakan ternak? Itu mungkin jalan terbaik untuk pemanfaatan sisa roti yang sering menjadi masalah dalam usaha produksi roti. Karena produksi makanan memang tidak selamanya memiliki prospek yang selalu cemerlang. Banyak para pesaing pesaing pasar yang bermunculan sehingga bisa menghambat produksi kita. Namun tak ada salahnya kita sedikit memutar otak untuk mencari jalan alternatif menutupi kerugian kita.

Semua bahan dasar pembuatan roti merupakan sumber karbohidrat yang mengandung pati dan protein. Kandungan protein dalam roti cukup baik, amonia selanjutnya digunakan untuk menyusun protein mikroba. Untuk keperluan tersebut maka mikroba membutuhkan sumber energi, terutama yang berupa karbohidrat yang mudah dicerna yaitu pati atau gula.

Kandungan Nutrisi

Kandungan nitrisi yang terkandung pada roti afkir tidak jauh berbeda dengan roti yang belum afkir, walaupun kandungannya sudah menurun.hal ini bisa diakibatka karena roti sudah ditumbuhi jamur sehingga sebagian nutrisi sudah di urai oleh jamur dan bakteri. Berikut adalah kandungan nilai gizi dari roti afkir :




Roti sisa pasar atau dikenal dengan roti afkir dengan kandungan nutrisi seperti tersebut di atas sudah termasuk baik bila dibandingkan dengan jenis-jenis pakan ternak yang ada di pasaran atau bahan pakan konvensional. Kelebihan roti sisa pasar yang lain adalah harganya murah, sehingga diharapkan dapat menekan biaya pakan. Selain untuk menghemat biaya pakan, pemanfaatan roti sisa pasar dapat untuk mengatasi masalah lingkungan yang ditimbulkannya. Sebagian orang menggunakan roti ini sebagai pakan unggas bahkan menurut pengalaman seorang teman yang kerja dipabrik roti dia sering memanfaatkan roti afkir ini sebagai pakan sapi. Dan katanya perkembangan sapinya cukup menggembirakan.

Saya pribadi menggunakan roti ini sebagai campuran pakan unggas. Hal ini pernah saya alami ketika dulu saya memproduksi roti sebagai usaha rumahan yang lama kelamaan usaha ini akhirnya mengalami kemunduran.

Penelitian Tentang Penggunaan Roti Afkir Untuk Pakan Ternak
Dalam penelitiannya Alfi. 2009. Dengan judul Pengaruh Penggunaan Tepung Roti Afkir Sebagai Pengganti Jagung dalam Ransum terhadap Produksi Karkas Ayam Broiler Jantan menyatakan bahwa penggantian jagung dengan tepung roti afkir hingga 30% dapat menghasilkan karkas yang optimal, namun masih ada kendala terkait dengan kandungan mikotoksin dalam tepung roti afkir yang menyebabkan hati menjadi berwarna hijau.

Sedangkan dalam penelitiannya Hidayatullah et. al., yang berjudul efek penggunaan tepung limbah roti tawar sebagai pengganti jagung terhadap penampilan produksi itik hibrida. Bahwa Penggunaan tepung limbah roti tawar sebagai pengganti jagung sampai 60% memberikan hasil yang sama terhadap penampilan produksi itik pedaging Hibrida Peking Campbell. Sehingga dalam taraf ini penggunaanya masih dikatan aman.

Pemberian roti afkir level 15% dan 30% dalam ransum jadi tidak mempengaruhi konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Namun substitusi roti afkir sampai taraf 30% dalam ransum jadi masih dapat dilakukan dengan tidak menimbulkan efek negatif pada performa burung puyuh. Selain itu dapat memberikan tingkat keuntungan ekonomis lebih besar (Gaol et. al., 2015)

Sumber:
Alfi. M. F., 2009. Pengaruh Penggunaan Tepung Roti Afkir Sebagai Pengganti Jagung dalam Ransum terhadap Produksi Karkas Ayam Broiler Jantan (The Effect of the Use of Unsold Bread as Corn Substitution in the Diet on Male Broiler’s Carcass Production). Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro. Semarang.

Gaol, S. E. L., Lisnawaty S., Iis Y., 2015. Substitusi Ransum Jadi dengan Roti Afkir Terhadap Performa Burung Puyuh (Coturnix coturnix japonica) Umur Starter Sampai Awal Bertelur Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya. Jurnal Ilmu Hewani Tropika Vol 4. No. 2

Muhammad Faishal Hidayatullah, M. F., Irfan H. D., dan H. Natsir. Efek Penggunaan Tepung Limbah Roti Tawar Sebagai Pengganti Jagung Terhadap Penampilan Produksi Itik Hibrida Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya.

Artikel ini diolah dan di kembangkan dari ilmuternak.com yang diberi tambahan uraian pendukung lain.



Itulah tadi Artikel Pemanfaatan roti afkir sebagai bahan pakan ternak
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Pemanfaatan roti afkir sebagai bahan pakan ternak yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Pemanfaatan roti afkir sebagai bahan pakan ternak. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://www.juhadi.my.id/2016/07/pemanfaatan-roti-afkir-sebagai-bahan.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post
26 October, 2018

Saya suka dengan informasi diatas "pemanfaatan roti bs untuk unggas bisa digunakan sampai 30%. Thanks

Reply
avatar
10 November, 2018

terimakasih atas kunjungannya dan terimakasih juga jika artikel ini di anggap bermanfaat

Reply
avatar
31 January, 2019

untuk ay broiler / potong na gan.apa boleh..

Reply
avatar