Rahasia Pemupukan tanaman cabai hasil melimpah


Hallo sahabatku, INFO - BLOGGER CANGA'AN, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Rahasia Pemupukan tanaman cabai hasil melimpah, Kami berharap isi postingan ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga




Pada artikel ini akan mengulas cara pemupukan efektif tanaman cabe dengan menjadi beberapa tahapan pemupukan serta Dosis aplikasi   dan Cara membuat Formula Khusus Pemupukan tanaman cabai :



1. Pemupukan Pupuk Dasar Tanaman Cabai
Pupuk ini berfungsi untuk menyediakan kebutuhan Nutrisi tanaman cabai selama hidupnya, karena namanya pupuk dasar maka aplikasi pupuk ini di lakukan pada tahap awal sebelum penutupan mulsa plastik. Pupuk yang saya berikan biasanya  adalah Za, SP 36, KCl serta Dolomit dan Pupuk Kandang. Dosis saya berikan untuk pupuk dasar ini apabila di musim penghujan ( Tanam di Bulan September - April ) maka dosisnya sebagai berikut : Za 150 Kg : SP36 400 Kg : KCl 400 Kg : Dolomit 3 Ton : Pupuk Kandang 6 Ton. Apabila tanaman cabai di Budidayakan di bulan Mei - September ( musim kemarau ) maka kami biasa memberikan dosis pupuk dasarnya sebagai berikut : Za 200 Kg : SP36 350 Kg : KCl 350 Kg : Dolomit 2 Ton : Pupuk Kandang 5 Ton. Perbedaan pemberian pupuk dasar ini saya lakukan karena adanya perbedaan respon tanaman di kedua musim tersebut serta Hama dan Penyakit yang menyerang di musim tersebut masing - masing berbeda. Berdasarkan pengalaman penulis pupuk kandangterbaik untuk tanaman cabai adalah dari kotoran kambing yang sudah di haluskan ( di giling ) dan di proses Fermentasi dengan menggunakan EM4 Pertanian.

Cara aplikasi dari pupuk dasar tersebut adalah dengan cara menyebarkan rata di permukaan bedengan selanjutnya pupuk di aduk dan di letakkan di kedalaman tanam 15 - 20 Cm, dimana pada kedalaman itu biasanya akar cabai berada dan  tanah dalam kondisi masam.

Setelah pupuk dasar di sebar rata dalam bedengan maka biarkan bedengan kurang lebih 2-3 minggu sehingga tanah sedikit di jemur ( kelantang panas matahari ) dan pupuk dasar tersebut campur dan larut terdegradasi oleh tanah. Kemudian bedengan baru di tutup  dengan plastikmulsa Hitam Perak. Penutupan plastik Mulsa Hitam Perak harus di lakukan siang hari ketika Matahari terik sehingga di peroleh pemasangan plastik yang kencang dan kuat.


2. Pemupukan Pupuk Susulan Tanaman Cabai

Pemupukan susulan di lakukan setelah tanaman cabai mulai berumur.........

Berikutnya........






Itulah tadi Artikel Rahasia Pemupukan tanaman cabai hasil melimpah
telah saya bagikan buat anda di hari ini, Semoga artikel Rahasia Pemupukan tanaman cabai hasil melimpah yang saya bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Oh ya , sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel DIbawah ini juga menarik untuk anda baca:

Terimakasih anda telah membaca artikel Rahasia Pemupukan tanaman cabai hasil melimpah. jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, saya akan sangat berterima kasih jika anda berkenan membagikan artikel ini ke media sosial dan Rekan atau keluarga dekat anda dengan alamat : https://www.juhadi.my.id/2016/11/rahasia-pemupukan-tanaman-cabai-hasil.html, atau klik pada Tombol Share di akhir artikel ini. Terima kasih.

SHARE THIS
Previous Post
Next Post